Sitemap jika diartikan kedalam bahasa indonesia memiliki arti Peta Situs. Sitemap ini memiliki berbagai macam direktori yang terdapat dalam sebuah website atau blog. Jika disamakan pada sebuah buku, Sitemap lebih mirip seperti daftar isi dari semua artikel atau konten yang telah dibuat.

Sitmap berfungsi untuk membantu dan memudahkan pengunjung dalam mencari sebuah artikel yang kita buat. Tanpa adanya sitemap pengunjung akan kesulitan atau kebingungan ketika ingin mencari sebuah artikel di blog atau web kita. Oleh karena itu sitemap sangat penting untuk sebuah blog atau website. Tidak hanya itu, Sitemap pun sangat berguna bagi perkembangan blog atau web.
Diagram Sitemap (jika dibuat diagramnya kurang lebih seperti ini)

Contoh link Sitemap pada blog saya :

Sitemap berupa file "XML" yang berisikan "URL" sebuah situs beserta medatanya masing-masing. Medata ini yang akan memudahkan search engine untuk membaca dan istilahnya meng-crawl situs tersebut. Web crawler akan menemukan halaman dari sebuah situs yang terdapat link dari situs anda sendiri maupun link dari situs yang lain. Sitemap menyediakan data link dan mengijinkan crawler mendukung sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, kemudian menganalisa semua URL tersebut menggunakan medata yang ada. Namun ini belum tentu setiap halaman akan terindex Google.

Lalu bagaimana cara membuat Sitemap?
Membuat Sitemap sangatlah mudah hal pertama adalah anda harus membuat postingan artikel atau semacamnya, atau setidaknya anda sudah membuatnya. Selanjutnya silahkan ikuti langkah yang ada dibawah ini :

1). Login ke akun blog anda
2). Klik laman pada blog lalu buatlah posting baru dengan format HTML yang terletak pada sebelah format Compose
3). Masukkan kode javascript berikut

Code Javascript
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://naoeyamato123.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
4). Ubah tulisan berwarna merah dengan URL blog atau website anda, kemudian publikasikan

Video Tutorial Membuat Sitemap Menggunakan Template Dari Blog


Video Tutorial Membuat Sitemap Menggunakan Template Dari Google

disini saya menggunakan template Heibrow Responsive by kaizentemplate.com
Untuk pengertian dan keterangan mengenai Sitemap yang lainya anda bisa mengunjungi web dibawah ini :
Nah, itulah bagaimana cara membuat Sitemap pada blog atau web anda semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan membantu anda dan saya mohon maaf jika ada kekurangan-kekurangan pada tutorial ini. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan hubungi saya melalui facebook di https://www.facebook.com/handri.nurdiansyah atau anda juga bisa menulisnya di kolom komentar.

Akhir kata : terimakasih dan sampai jumpa lagi

Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Tutorial Cara Membuat Sitemap Di Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Media Social And Web Site

Twitter Facebook Deviantart Tumblr Pinterest Pinterest Pinterest Instagram Imgur Youtube